Friday, June 6, 2014

Cara membuat benda besi mengkilap dengan 3ds max 2013 menggunakan material editor



sebelum kita belajar lebih lanjut tentang material, ini ada beberapa item yang sering kita gunakan :


Reflection adalah bagaimana objek dapat memantulkan benda lain yang ada disekitarnya, misalnya cermin atau besi chrome.

Refraction adalah bagaimana objek dapat ditembus atau istilahnya gampangnya transparan, contohnya kaca bening atau air.

Glossiness adalah tingkat mengkilat/ mengkilapnya suatu objek, contohnya mengkilatnya cat mobil dengan mengkilatnya plastik mouse akan berbeda.

Subdivision / Subdiv adalah tingkat kehalusan material, jika semakin kecil nilai subdiv maka akan muncul noise/ bintik-bintik, dan jika semakin besar maka akan semakin halus.

Texture / Map adalah file gambar (jpg, png, gif, tga, dll) yang digunakan sebagai acuan untuk material yang akan dibuat. misalnya gambar serat kayu, batu-batu hiasan, beton, dll


baiklah kita akan buat 3 jenis besi, yaitu baja hitam mengkilap, emas dan chrome ''langsung saja kita akan buat baja hitam mengkilap dulu,,,
1. Pastikan cahaya sudah diberikan dan efek pantulan cahaya sudah dibuat ,contohnya seperti lantai
2. perhatikan gambar

3. pada materia editor, pilih salah satu bulatan default , klik arch and desain, lalu pilih standar,,,,disinilah letak perbedaan ke 3 elelment yang akan kita buat..untuk baja hitam mengkilat kita menggunakan shader basic parameter multi layer untuk yang lainnya menggunakan metal,karna pada baja hitam selain mengkilat juga bewarna dasar hitam, perhatikan gambar beriku, buat pengaturannya seperti gambar :

4. isikan parameter layer kedua

5. terus kebawah klik rollout map,,,centang refleksion dan klik none

6. cari mask dan klik mask tersebut, maka ada 2 pilihan

7. klik none dan cari reytrace,sehingga tampilannya seperti dibawah,,untuk kembali,,back to parent

8. klik none ke 2 dan cari falloff dan buat pengaturan seperti gambar


9. render dan lihat hasilnya


----untuk membuat warna emas, anda cukup melakukan pengaturan berikut ini,yaitu tidak menggunakan multilayer tetapi menggunakan metal, dan atur parameter seperti dibawah ini dan render lihat hasilnya:
2        --untuk membuat warna chrome sama seperti emas diatas, yaitu menngunakan metal dan menggukan raytrace seperti membuat baja hitam mengkilat paling atas,,tetapi tidak menggunakan falloff, berikut contoh gambar pengaturan parameternya
dan ini perngaturan raytracenya

dDownload file 3ds Cara membuat benda besi mengkilap menggunakan material editor 3ds max 2013nya DISINI

0 komentar :

Post a Comment

Copyright © 2014 NIJEKOblog All Right Reserved