Friday, March 14, 2014

Tutorial 3ds Max modifier lathe pion catur

 Cara membuat pion catur di 3ds max bisa menggunakan fasilitas modifier lathe. Disini saya menggunakan versi 2013. fasilitas ini akan memungkinkan anda untuk membuat benda yang simetris seperti pot bunga, cangkir  dll

Tutorial 3ds Max modifier lathe  pion catur sebagai berikut
1.    Buka program 3ds max dan pilih front viewport untuk melakukan pembuatan kerangka awal pion
2.    Pada front viwport, klik create pada comant panel , lalu pilih shape>line. Buatlah titik titik kerangka pion dengan line
3.    Setelah selesai membuat kerangka awal ,plih objek line yang telah anda buat sebelumnya , kemudian lakukan pengeditan pada tiap line agar menghasilkan bentuk yang selaras. Untuk melakukan pengeditan klik  modify pada command panel, lalu pilih vertex pada selector rollout
4.    Gunakan select and move pada main toolbar untuk melakukan pergeseran dan mengedit beberapa vertex
5.    Untuk mempermudah pengaturannya perhTikan gambar tutorial
6.    Di bagian spline ujung kerangka, pada geometri rollout  klik tombol refine untuk menambahkan vertex dengan cara klik pada spline yang akan ditambah verteknya seperti gambar
7.    Klik pada vertek bagian atas lalu klik kanan  dan pilih smooth untuk memberikan efek lengkung. Lakukan hal yang sama pada tiap vertek yang sebelumnya sudah ditambah satu per satu
8.    Selanjutnya menuju bagian vertek berikutnya. Lakukan hal yang sama pada tipa vertek dengan cara pilih vertex , lalu klik kanan dan pilih smooth
9.    Pada parameter geometri rollout  klik tombol fillet untuk menambah vertex sekaligus memberikan efek lengkung pada spline ,lalu klik vertek seperti gambar dan atur lengkungan seperti gambar
10.    Pada geometri rollout ,klik tombol refine untuk menambah vertex pada bagian spline , beri efek smooth pada vertek dan atur psisi vertex
11.    Selanjutnya akan diberikan efek lathe, dengan cara seleksi objek ,klik modify pada command panel , lalu pada modifier list,pilih lathe
12.    Pada parameter rollout ,ubah nilai segmen menjadi  32, dan non aktifkan flip normal, pada capping ,aktifkan cap star dan cap end lalu pilih morph. Pada parameter rollout align, tekan tombol min
13.    Aktifkan perpektif viewport
14.    Klik select and uniform scale untuk mengatur dimensinya
15.    Dan lihat hasilnya
16.    Untuk memberi efek pada kulitnya kita bahas di tutorial berikutnya,yaitu menggunakan material pada 3ds max

Download gambar tutorial 3dsmax nya dan file finish 3dsmax nya DISINI

0 komentar :

Post a Comment

Copyright © 2014 NIJEKOblog All Right Reserved